Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Blog Tanpa Modal

Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Blog Tanpa Modal
Blog adalah suatu media yang tersedia di internet yang banyak digunakan orang sebagai alat untuk berbagi pengalaman ataupun pengetahuan. Selain dapat menambah dan memperluas pengetahuan, dengan blog kita dapat menjalin tali silaturahim antar sesama penulis blog guna menciptakan suasana internet yang baik. Tak kalah pentingnya ternyata dengan blog kita dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan melimpah.
Kebanyakan orang berfikir bahwa ngeblog hanya menghabiskan waktu, uang dan pikiran hanya untuk menulis artikel baik berupa pengalaman maupun pengetahuan yang dibagikan di internet. Tapi perlu Anda ketahui bagi yang hanya menilai bahwa blog adalah ruang komunitas bagi orang-orang yang tidak ada kerjaan, saya tegaskan sekali lagi bahwa selain menambah pengetahuan dengan blog kita dapat menghasilkan uang.

Klasifikasi blog bermacam-macam mulai dari Blogger, Wordpress, Jomla dan lain sebagainya. Namun dari sekian bentuk blog menurut saya yang paling mudah digunakan dan dipahami adalah Blogger. Karena penggunaannya yang simpel dan mudah dipahami, cukup dengan akun google Anda sudah dapat menjadi penulis blog.
Untuk menghasilkan uang dari internet melalui blog terdapat beragai macam cara, apa saja yang harus kita lakukan setelah menjadi penulis blog untuk menghasilkan uang? mari simak pada poin-poin berikut.

1. Menjual Jasa atau Produk Sendiri
Menjual Jasa atau Produk Sendiri
a. Menjual Jasa
Untuk menghasilkan uang dari blog dapat dilakukan dengan cara menjual jasa Anda. Dalam metode bisnis ini artinya Anda menjual kemampuan atau keahlian Anda ke pembaca blog. Lalu apa saja yang harus ditulis atau dipublikasikan di blog tersebut? semisal Anda memiliki keahlian dalam edit foto dengan CorelDraw atau Photoshop, jadi postingan blog berisi tentang cara edit foto yang Anda ketahui. Disamping itu Anda dapat posting jual jasa edit foto, buat logo atau desain pakaian, dalam postingan itu cantumkan contact person, contoh hasil editan dan hal-hal lain yang membuat orang tertarik untuk membeli jasa Anda. Setelah itu pada setiap postingan cara edit foto tadi cantumkan link yang mengarahkan pada postingan jual jasa tadi, pasti pembaca blog akan membacanya.
Contoh lain Anda dapat menjual jasa seperti jasa pembuatan blog, jasa servis komputer, jasa pembuatan aplikasi dan masih banyak lainnya tergantuk keahlian Anda masing-masing. Untuk mempopulerkannya Anda cukup share postingan jual jasa tersebut di media sosial.
b. Menjual Produk Sendiri
Untuk dapat menjual produk sendiri setidaknya Anda harus memiliki postingan yang nanti dapat mengarahkan pada produk yang akan dijual tersebut. Misal Anda share trik-trik tertentu yang membutuhkan alat-alat tertentu yang terbilang sulit dicari, nah disinilah Anda dapat menjual produk tersebut. Selain itu semisal Anda bekerja sebagai salesmen kosmetik, Anda dapat menawarkan produk-produk kepada pembaca diblog. Tentu isi postingan berisi tentang kesehatan dan tips kecantikan, fungsinya agar relevan dengan produk yang akan dijual

2. Menjadi Publisher Iklan
Menjadi Publisher Iklan
Sebenarnya ini adalah cara termudah untuk mendapatkan uang dari blog gratisan. Banyak sekali situs yang menjadi penyedia iklan yang dapat kita pasang di blog kita seperti Klik Saya, Iklan Blogger dan lain-lain. Metode bisnis ini Anda mendaftarkan blog Anda ke penyedia iklan, setelah disetujui lalu Anda memasang iklan di blog Anda. Setiap pembaca blog mengklik iklan tersebut Anda akan dibayar oleh penyedia iklan tersebut. Bisnis ini disebut dengan PPC (Pay pey Click). Walaupun bayarannya kecil, bayangkan jika seribu pembaca yang mengklik iklan tersebut berapa uang yang Anda akan dapatkan? lumayan bukan.
Menurut saya program PPC yang sangat populer adalah Google Adsense yang dimiliki oleh perusahaan Google. Program PPC ini adalah idaman para bloger dunia, karena komisi yang menjanjikan dan terpercaya. Untuk cara menjadi publisher google adsense dapat Anda simak melalui artikel Cara Mudah Mendapatkan Uang Melalui Google Adsense.

3. Menawarkan Ruang Iklan di Blog
Menawarkan Ruang Iklan di Blog
Jika blog Anda sudah cukup populer yang memiliki visitor dan page rank ynag tinggi Anda dapat memasang ruang iklan kosong diblog Anda. Yang fungsinya memberikan penawaran pada pembaca untuk memasang iklan di blog Anda. Jika itu penawaran perdana gunakanlah tarif harga yang murah untuk menarik simpati pembaca. Tapi yang harus diperhatikan adalah produk iklan yang akan dipasang diblog Anda harus berkesesuaian dengan isi blog Anda untuk menghindari penilaian pembaca bahwa blog tersebut tidak profesional atau jelek.

4. Memanfaatkan Affiliate Marketig
Memanfaatkan Affiliate Marketig
Untuk memulai bisnis ini Anda harus terdaftar pada salah satu program affiliate, misal amazon.com, lazada.com, clickbank.com dll. Lagi-lagi produk yang akan dihadirkan dalam blog Anda harus berkesuaian dengan isi blog Anda. Saat pembaca tertarik dengan isi postingan Anda disitulah Anda munculkan produk-produk ynag berhubungan dengan isi postingan tersebut, agar mudah terlihat bisa di tampilkan pada side bar blog. Perlu diingat semakin baik konten blog Anda maka peluang transaksi bisnis ini semakin besar.

5. Mengikuti Kontes Blog
Mengikuti Kontes Blog
Kontes blog seringkali diselenggarakan dengan keyword atau kata kunci tertentu. Hadiah bagi pemenang kontes blog seperti ini lumayan besar berkisar jutaan hingga puluhan juta rupiah. Namun perlu di perhatikan untuk menjadi pemenang postingan Anda harus beraoa pada peringkat pertama pada mesin pencari seperti google, bing atau yahoo dan konten yang dimiliki harus bagus. Jadi diperlukan blog dengan trafik tinggi.

Namun perlu diketahui untuk dapat menjalankan beberapa cara tadi Anda harus memiliki visitor(pembaca) blog yang cukup tinggi agar peluang bisnis Anda lancar. Caranya cukup mudah Anda tinggal share setiap postingan ke media sosial dan ikuti trik-trik SEO yang bertaburan di internet. Semoga Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Blog Tanpa Modal tadi dapat bermanfaat bagi Anda.

2 comments

avatar
×

menarik menambah pengetahuan baru...saya sebagai pemula lagi mencoba.

avatar
×

iya, terimakasih atas tanggapannya. Sama-sama belajar aja gan :D

ipt>