Kesalahan Blogger Pemula yang Perlu Dihindari

Kesalahan Blogger Pemula yang Perlu Dihindari
Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari
Semakin populernya kegiatan ngeblog membuat penikmat dunia maya mulai bermitra dan menjadi blogger yang profesional. Namun untuk menjadi blogger yang profesional tentu memerlukan waktu untuk memahami teknik-teknik blogger ataupun SEO. Tepatnya untuk blogger pemula yang baru mengenal blog, yang baru bisa posting dan menghias blog hingga berlebihan dari tutorial-tutorial yang ada.

Kebanyakan blogger pemula bisanya cuma menghias blog dan membagikan postingan mereka yang masih abal-abal ke media sosial tanpa mau belajar tentang teknik ngeblog dan SEO. Hal ini menyebabkan mereka hanya menjadi sampah blogger. Tapi untuk menghindarinya ada baiknya jika blogger pemula banyak-banyak rajin membaca dan belajar mengenai blog, baik itu teknik SEO, teknik posting yang baik dan benar maupun teknik mengedit template blog.

Untuk mengurangi kesalahan para blogger pemula kebanyakan, berikut ini saya jabarkan yang biasa dilakukan blogger pemula dan dianggap benar namun sebenarnya salah. Apa sajakah kesalahan-kesalahan itu? simak melalui poin-berikut.

1. Males Mikir Copas (Copy Paste) Saja
Males Mikir Copas (Copy Paste) Saja
Penyakit copy paste ini hampir menjangkit semua blogger pemula, terkhusus bagi penulis blog yang malas berfikir namun ingin blognya update terus. Hal ini tentu akan merusak citra para blogger lainnya yang menulis posting original. Lebih parahnya lagi setelah copy paste artikel blog lain mereka enggan mencantum sumber artikel yang seakan-akan itu postingan milik mereka.
Jika perilaku ini terus dibudidayakan maka akan menutup semua ide-ide kreatif dan inovatif yang kita miliki sebagai penulis blogger. Untuk menciptakan blogger-blogger yang cerdas dan profesional mari kita buang kebiasaan buruk ini. Gali lah ide-ide yang kreatif untuk menulis blog yang akan memberikan penilaian postitif pada blog Anda. 

2. Widget Terlalu Berleihan dan Tidak teratur
Widget Terlalu Berleihan dan Tidak teratur
Blogger pemula biasanya ingin mengetahui semua tentang dua blog, khususnya dalam hal tampilan blog. Tidak salah lagi hal salah yang sering dilakukan para blogger pemula salah satunya memasang widget terlalu berlebihan dan tidak beraturan. Meraka berfikir dengan memasang widget yang banyak akan memperindah dan mempercantik tampilan blog mereka. Namun perlu diketahui dengan banyaknya widget akan membuat loading blog menjadi lama dan terjadi ngelag jika saat mengakses jaringan tidak stabil. Orang pasti banyak berpendaat jika blog Anda memiliki widget yang banyak dan tidak beraturan bahwa blog Anda adalah blog yang norak. Untuk menghindari hal ini gunakan widget yang penting-penting saja misal, about me, label, popular post, fanspage blog, search dan widget yang bermanfaat bagi pembaca blog. Hindari penggunaan animasi-animasi blog ataupun animasi yang mengikuti kursor, seperti saya katakan tadi hal ini akan menyebabkan loading menjadi lama dan dibenci pembaca karena menggangu.

3. Terus Mempopuerkan Blog Tanpa Belajar
Terus Mempopuerkan Blog Tanpa Belajar
Kesalahan ini juga sering dilakukan para blogger pemula yang selalu ingin mempopulerkan blognya dengan cara share di media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Namun perlu diketahui untuk menaikkan trafik blog tidak hanya dengan promosi di sosial media saja. Banyak teknik-teknik blog dan SEO yang harus Anda pelajari untuk dapat menaikkan trafik blog Anda. Kuncinya hanya rajin-rajin membaca dan bertanya baik itu di forum maupun teman blogger lainnya. Dengan terus mempelajari teknik-teknik blogger baru, secara berlahan Anda akan menjadi penulis blog profesional. 

4. Terlalu Sering Ganti Template
Terlalu Sering Ganti Template
Untuk mempercantik tampilan blog selalin memasang widget yang berlebihan blogger pemula juga sering melakukan gonta-ganti template. Hal ini mereka lakukan dengan mengharapkan tampilan blog mereka terlihat lebih menarik dengan cara menjajal semua template yang mereka anggap bagus. Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan ini ternyata salah dan menyebabkan akibat buruk pada blog. Salah satunya adalah bergesernya nilai SEO blog yang menyebabkan berubahnya sistem index dari crawl google bot. Akibatnya artikel blog menjadi sulit terindex mesin pencari. Dan masih banyak lagi kerugian yang terjadi jika sering ganti template blog.

5. Menulis Posting dengan Bahasa Sesuka Hati
Menulis Posting dengan Bahasa Sesuka Hati
Kebanyakan blogger pemula menulis blog dengan bahasa-bahasa yang tidak baku, tepatnya pada bahasa indonesia. Mereka menggunakan bahasa keseharian yang tidak sesuai standar EYD dalam menulis blog. Hal ini tentu akan menghadirkan penilaian tidak profesional oleh pembaca blog dan parahnya akan mengurangi nilai SEO sebuah blog tersebut. Apa lagi bagi Anda yang berminat untuk bermitra di google adsense hal ini pasti menjadi alasan penolakan menjadi publisher google adsense.

6. Satu Blog Semua Bahasan
Satu Blog Semua Bahasan
Masalah ini sebetulnya tidak harus untuk dihindari tetapi alangkah baiknya jika suatu blog membahas atau fokus kepembahasan tertentu jangan semua bahasan Anda tulis dalam satu blog. Penilaian ketidakprofesionalan blogger lagi-lagi muncul jika Anda melakukan kesalahan ini. Sebaiknya pikirkan dulu sebelum membuat blog, apa yang akan Anda bahas dalam blog tersebut.

Dengan beberapa masalah-masalah diatas semoga blogger pemula sadar bahwa yang biasa mereka lakukan dan dianggap benar ternyata salah besar. Untuk menjadi seorang blogger yang profesional kita tetap harus rajin-rajin membaca dari blog lain. Semakin banyak membaca akan membuka pengetahuan lebih luas, tidak hanya dalam dunia blogger namun pengetahuan lainnya juga. Namun mohon diketahui saya juga sorang blogger pemula yang baru menginyam blog dua tahun terakhir. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi blogger yang membaca.

ipt>