Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur Ternyata Salah

Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur Ternyata Salah
Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur Ternyata Salah
Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur Ternyata Salah | Sikat gigi adalah suatu kegiatan dimana seseorang membersihkan giginya dengan cara menggosok giginya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Gosok gigi adalah hal yang wajib dilakukan untuk dapat menjaga gigi tetap sehat dan menjaga kesegaran mulut. Kegiatan ini biasa dilakukan minimal sebanyak tiga kali setiap hari dinegara Indonesia. Namun disamping itu terdapat beberapa istilah dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mereka lakukan setiap hari dianggap benar tetapi sebenarnya salah dalam menggosok gigi.


"Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi"
Dari kutipan lagu anak-anak diatas ternyata memiliki arti yang salah, pakar kesehatan menyarankan menggosok gigi dipagi hari sebaiknya dilakukan setelah sarapan pagi. Bukan setelah bangun tidur tepatnya saat mandi. Boleh saja menyikat gigi saat mandi namun setelah itu tidak melakukan aktivitas baik makan maupun minum tertama makanan dan minuman asam, panas, panas dan dingin.

"Alah yang penting sikat gigi minimal 3 kali sehari" begitu tanggapan kebanyakan orang jika ditanya masalah sikat gigi. Memang benar setidaknya dalam sehari menggosok gigi sebanyak tiga kali. Namun mereka tidak tahu saat-saat yang dianjurkan untuk menggosok gigi. Sekali lagi perlu disosialisasikan kepada keluarga, kerabat bahwa menggosok gigi pada pagi hari sebaiknya dilakukan setelah sarapan pagi.

Satu lagi kebiasaan yang dilakukan setiap hari yang ternyata salah dalam menggosok gigi yaitu langsung menggosok gigi setelah selesai makan. Dijelaskan oleh Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) bahwa dalam mulut terdapat air liur yang bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4. Jika kebiasaan ini tetap dilakukan maka struktur alami saliva(air liur) tersebut akan rusak dan memengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Maka dari itu sebaiknya tunggu 15 sampai 20 menit setelah selesai makan, sehingga pH saliva kembali normal. Dan setelah itu jangan lagi melakukan aktivitas makan terutama pada makanan asam, karena asam dapat 'membakar' enamil gigi dan lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Sedikit tambahan dalam menggosok gigi sikat gigi perlu diperhatikan, sikat gigi yang mahal belum tentu berkualitas bagus. Jadi pintar-pintarlah dalam memilih sikat gigi, sikat gigi yang baik yaitu sikat gigi dengan serabut lembut yang tidak merusak gusi dan gagang yang nyaman.
Sekian dulu informasi kebiasaan kesehatan yang salah kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.