Pengalaman Membeli dan Costum Domain .web.id ke Blogspot

Pengalaman Membeli dan Costum Domain .web.id ke Blogspot
Pengalaman Membeli Domain .web.id dan Costum Domainnya
Pengalaman Membeli Domain .web.id dan Costum Domain Blogspot | Sedikit sharing tentang pembelian domain .web.id dan kerumitan saya untuk costum domain ke blogspot. Beberapa bulan yang lalu saya membeli domain .web.id di Idwebhost, alasan saya mencoba membeli domain .web.id karena harganya yang terjangkau dan pas dikantong anak kosan. Selain itu setelah membaca beberapa artikel bahwa Idwebhost memiliki pelayanan yang bagus. Baiklah saya akan menceritakan kerumitan saya dalam mengolah domain .web.id melalui poin-poin berikut.

1. Beli Domain di Idwebhost
Sifatnya orang Indonesia itu cari yang murah tapi ingin kualitas yang bagus, begitu juga saya. Setelah sempat cari-cari referensi di Google tempat beli domain murah akhirnya saya coba untuk membeli domain di Idwebhost dengan domain .web.id seharga Rp.55.000,- yang sedang dikantong anak kost seperti saya. Pelayanan yang bagus membuat saya puas membeli domain di Idwebhost, setelah melakukan konfirmasi pembayaran dan menunggu beberapa menit akun untuk manage domain saya sudah aktif.

2. Idwebhost Tidak Menyediakan Manage DNS untuk TLD.id (Domain Indonesia)
Semua layanan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, layaknya pada Idwebhost yang memberikan layanan yang begitu bagus namun terdapat satu kekurangan yaitu tidak adanya manage DNS untuk domain berakhiran .id (TLD.id) seperti, .id, co.id, or.id, sch.id dan web.id. Manage DNS berfungsi untuk mengatur DNS records pada domain Anda secara penuh. Pada manage DNS Anda dapat megarahkan A, CNAME, MX Records dll ke hosting Anda. Karena belum cukup uang untuk membeli hosting saya coba untuk mencoba hosting gratisan di Idhostinger.

4. Pointing Namesrver dari Idwebhost ke Hosting Idhostinger
Untuk dapat mengarahkan Nameserver domain khusus Indonesia TLD.id yang dibeli di Idwebhost tidak dapat dilakukan oleh member. Proses pengarahan Nameserver hanya dapat dilakukan oleh pihak Idwebhost, yang menyebabkan saya meminta pada pihak Idwebhost untuk mengarahkan nameserver ke Idhostinger melalui live chatt. 

5. Manage DNS dari Hosting Idhostinger ke Blogspot
Setelah berhasil mengarahkan Nameserver domain ke Idhostinger saya coba untuk manage DNS ke Blogspot. Setelah mencoba beberapa tutorial yang tersedia di Google ternyata tidak membuahkan hasil. Manage DNS ke blogspot sudah saya lakukan dengan benar namun blog saya yang ada di blogger tetap tidak bisa dibuka.

6. Mencoba Manage DNS Melalui freedns.afraid.org |ns1.afraid.org s/d ns4.afraid.org 
Setelah melakukan percobaan manage DNS melalui Idhostinger tidak berhasil saya mencoba untuk mengarahkan DNS ke blogspot melalui freedns.afraid.org yang memiliki fitur untuk manage DNS secara gratis. Lagi-lagi saya meminta pihak Idwebhost untuk mengarahkan nameserver domain ke freedns.afraid.org. Setelah berhasil mengarahkan nameserver, langsung saya lakukan manage DNS ke blogspot dan ternyata cara ini membuahkan hasil yang memuaskan bagi saya. Manage DNS sukses dilakukan dan blog saya dapat di akses dan di kelola. Namun sempat kesal karena setiap mengakses blog saya terdapat halaman error Idhostinger. Saya kira cara ini tidak berhasil, tetapi berkat petunjuk pihak Idwebhost yang sempat saya tanya mengapa hal ini terjadi melalui live chatt. Mereka menyarankan untuk menghapus riwayat atau history yang ada pada browser yang saya gunakan. Setelah dilakukan akhirnya blog saya dapat diakses.

Dengan melalui tahap-tahap yang panjang dan rumit tadi kini blog saya dengan domain .web.id dapat diakses dan diolah hingga sekarang. Maaf jika bahasan kali ini cukup panjang, namun postingan ini wajib dibaca bagi Anda yang hendak membeli domain .web.id. Saran saya jika sobat ingin memiliki domain TLD.id untuk tempat membelinya silahkan cari referensi terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan tempat penyedia domain tersebut.Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

3 comments

avatar
×

wah oke banget infonya.jadi harus hati2 cari domain

avatar
×

iya, intinya ya harus cari referensi dulu :D

avatar
×

Yang rumit di pengaturan dns nya ya