Dampak Penggunaan Skinpack Pada Komputer atau Laptop

Dampak Penggunaan Skinpack Pada Komputer atau Laptop
Stop penggunakan Skin Pack
Dampak dan Akibat Penggunaan Skin Pack Pada Komputer atau Laptop | Tampilan interface pada sistem operasi sebuah komputer atau laptop adalah hal yang menonjol yang dapat dilihat. Terkadang kita merasa bosan dengan tampilan bawaan (default) baik itu sistem operasi baik itu Windows maupun Linux dan lainnya. Kerena tampilan default tidak memberikan kesan yang berbeda, artinya semua orang yang memakai sistem operasi tersebut memiliki tampilan yang sama. 

Pada era serba teknologi ini muncul bertaburan skin pack yang mampu menghadirkan tampilan yang bernuansa berbeda dari tampilan default sistem operasi. Seperti kita ketahui skin pack adalah perangkat lunak yang dapat merubah tampilan sistem operasi seperti windows dalam bentuk apa saja, misal membuat tampilan windows seperti Android, Linux dan lainnya yang dapat diunduh di internet. Jadi kebanyakan orang memakai skin pack karena bosan dengan tampilan default dan ingin merubah tampilan sistem operasi sesuai keinginannya.

Namun dibalik semua itu terdapat dampak dan akibat buruk pada komputer dalam penggunaan skin pack. Selain dapat merusak sistem operasi ternyata skin pack juga dapat memperkecil umur hardisk, RAM dan prosesor komputer atau laptop. Untuk lebih detailnya berikut adalah dampak dan akibat buruk penggunaan skin pack pada komputer atau laptop.

1. Kinerja komputer atau laptop menurun (Sering terjadi Lag)
Setelah memakai skin pack hal ini pasti terjadi pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Karena dengan menggunakan skin pack baik kinerja RAM maupun prosesor akan meningkat yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi lambat atau Lag. Jika Anda memang berniat menggunakan skin pack setidaknya komputer memiliki RAM 4GB dan prosesor Core i3.

2. Memperpendek usia Prosesor
Seperti dijelaskan pada point pertama, jika Anda menggunakan skin pack maka kinerja prosesor akan meningkat. Karena skin pack merubah semua data default sistem operasi yang belum tentu sesuai. 

3. Memperpendek usia RAM
RAM akan bekerja hampir 2 kali lipat setelah menggunakan skin pack. Tidak seperti biasanya sebelum menggunakan skin pack. Karena skin pack dengan tampilan yang rumit akan membuat RAM bekerja lebih keras.

5. Skin pack mengubah file system32 DLL yang menyebabkan Windows rusak
Dengan mengharapkan tampilan yang menarik pada sistem operasi terutama Windows tentunya harus merubah pengaturan dasar Windows yaitu pada system32 DLL. Skin pack akan mengganti pengaturan dasar Windows yang mengakibatkan pengaturan dasar terhapus. Jika sewaktu-waktu skin pack terjadi error maka Windows juga otomatis rusak.

4. Dapat menyebabkan kerusakan Hardisk
Jika sistem operasi mulai error bahkan rusak maka akam memicu kerusakan hardisk pula. Belum tentu skin pack tersebut bersih dari virus, jika skin packnya sudah disisipi virus maka komputer Anda akan memiliki umur yang lebih singkat.

6. Sulit untuk uninstall skin pack
Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa cara kerja skin pack ialah mengganti file windows asli dan diganti dengan file skin pack. Hal ini akan menyebabkan skin pack tidak dapat di uninstall. Jika sudah tidak bisa di unstall pilihan terakhir adalah dengan install ulang windows.

Dampak dan akibat diatas salah satunya pernah saya alami sendiri, maka dari itu bagi Anda yang hendak memakai skin pack berpikirlah matang-matang karena akibat memakai skin pack menyebabkan kerugian yang cukup mengocek kantong jika terjadi kerusakan hardware komputer. Semoga dengan postingan kali ini dapat memberikan Anda informasi tentang dampak buruk menggunakan skin pack pada komputer

2 comments

avatar
×

Bermanfaat banget nih artikelnya,
Jadi paham sekarang :D

avatar
×

cara benerinya gimana dong
kalau ada masalah pasti ada solusinya :)