Baterai Android Tidak Awet / Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Baterai Android Tidak Awet / Cepat Habis? Ini Penyebabnya
Baterai Android Tidak Awet / Cepat Habis? Ini Penyebabnya
Mengapa baterai android saya tidak awet? tentu pertanyaan seperti ini pernah Anda ucapkan sebagai pengguna smartphone jenis android, termasuk saya. Apa lagi jika Anda adalah seorang pemula dalam menggunakan android. Pada dasarnya ponsel android dibuat sudah diperhitungkan sistem manajemen baterainya agar menjadi tahan lama semaksimal mungkin sehingga nyaman digunakan. Sebagai pengguna terkadang kita selalu ingin selalu mencoba sesuatu yang baru, misal terus mencoba aplikasi-aplikasi baru yang belum tau seberapa besar aplikasi tersebut mengonsumsi baterai. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar (background) maka semakin cepat baterai android Anda habis. Apa lagi jika aplikasi tersebut menggunakan jaringan (bersifat online).
Untuk menyikapi hal ini saya akan memcoba berbagi informasi beberapa penyebab mengapa baterai android cepat habis atau tidak awet yang didapat dari pengalaman sendiri sebagai pengguna android. Berikut adalah beberapa penyebab baterai android menjadi tidak tahan lama sehingga menjadi tidak awet.

1. Sering Menjalankan Aplikasi yang Menggunakan Jaringan Internet

Seperti yang kita ketahui ada 2 jenis aplikasi jika dipandang dari cara menjalankannya yaitu online dan offline. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi yang untuk menjalankannya membutuhkan internet akan lebih banyak mengonsumsi baterai. Mengapa begitu? karena untuk mengupdate hal baru dalam aplikasi tersebut membutuhkan jaringan internet, sehingga jaringan akan bekerja sepanjang waktu sampai aplikasi tersebut ditutup. Jaringan akan keluar masuk untuk mengupdate kondisi dan hal baru dalam aplikasi. Hal seperti ini tentu akan banyak menggunakan baterai, sehingga baterai android Anda menjadi cepat habis. Parahnya lagi jika Anda mengaktifkan fitur nofitikasi dari aplikasi tersebut, ini akan membuat baterai menjadi semakin boros.

2. Banyak Aplikasi yang Berjalan Dibackground

Jika aplikasi yang berjalan di belakang layar tetap dibiarkan berjalan namun Anda tidak membutuhkannya tentu hal ini akan menjadi sia-sia. Jelas akan sia-sia, Anda tidak membutuhkannya namun aplikas/fitur terus berjalan dan banyak mengonsumsi baterai. Anda dapat menghentikannya dengan menggunakan fitur bawaan android atau mengunduh aplikasi manajemen baterai. Cara paling mudahnya silahkan cek dan hentikan aplikasi yang berjalan namun tidak dibutuhkan dengan membuka Settings > Apps > Running Service.


3. Brightness dan Screen Timeout

Layar adalah penyebab utama baterai cepat habis. Kecerahan dan lama waktu layar mati adalah bagian dari penyebab itu. Sebaiknya aturlah kecerahan layar menjadi manual tidak secara otomatis. Serta gunakan kecerahan layar yang cukup bagi Anda yang berarti tidak begitu berlebihan agar baterai menjadi lebih awet. Kemudian Aturlah Screen Timeout setidaknya 30 detik atau 15 detik saja, hal ini perlu dilakukan jika Anda menginginkan meningkatkan penghematan baterai ponsel Android Anda.

4. Banyak menggunakan widget di homescreen

Widget yang Anda pasang di homescreen juga menjadi salah satu penyebab borosnya baterai android. Apalagi jika untuk menjalankan widget tersebut menggunakan jaringan internet. Layaknya aplikasi yang bekerja dibackground widget akan selalu bekerja sepanjang waktu. Tidak dapat dipungkiri homescreen tanpa widget layar android terasa hampa. Namun untuk mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan kurangi penggunaan widget, bila perlu jangan gunakan sama sekali.

5. Menggunakan Launcher

Terkadang kita kurang puas dengan tampilan bawaan dari sistem operasi android. Sehingga pada akhirnya mencoba mengkostumisasi tampilan android sendiri dengan menggunakan launcher. Jika Anda sudah berpengalaman menggunakan android tentu sudah tau apa dampak negatif menggunakan launcher. Bagi yang belum tahu, dampak penggunaan launcher dapat membuat kinerja sistem melambat, boros penggunaan RAM dan masih banyak lagi. Jika Penggunaan RAM cukup besar tentu berpengaruh juga pada konsumsi baterai. Baterai akan menjadi lebih cepat habis ketimbang tidak menggunakan launcher.

6. Sering Bermain Games Online

Sama halnya dengan penjelasan pada poin pertama, semakin lama Anda bermain games yang hanya dapat dijalankan menggunakan jaringan internet (online) akan membuat baterai android menjadi lebih boros. Jangan sering bermain game online jika dalam kondisi diluar rumah tanpa ada sumber energi listrik untuk mencharge ponsel android.

7. Penggunaan Wallpaper Berbentuk Flash (animasi)

Wallpaper yang bersifat flash atau animasi akan lebih banyak mengonsumsi energi baterai dari pada wallpaper biasa. Secara tidak langsung wallpaper flash tersebut layaknya Anda sedang menonton video. Jadi hindarilah penggunaan wallpaper berbentuk flash.

Itulah beberapa hal yang Anda harus ketahui penyebab mengapa baterai android menjadi tidak awet. Pada dasarnya android adalah sistem operasi smartphone dengan kaya akan fitur. Dengan seperti itu mau tidak mau masalah baterai menjadi persoalan penting yang harus diperhatikan. Tips singkatnya pintar-pintarlah dalam memilih jenis ponsel android sebelum membeli untuk mendapatkan ponsel android dengan manajemen baterai yang baik. Carilah refernsi mengenai ponsel yang hendak Anda beli, apakah manajemen baterainya cukup baik baik itu dari artikel maupun dari video review.