8 Cara Murah Bikin Dapur Terlihat Mahal

8 Cara Murah Bikin Dapur Terlihat Mahal
8 Cara Murah Bikin Dapur Terlihat Mahal
Liputan6.com, Jakarta- Melihat foto beragam dapur mewah seringkali membuat kita menelan ludah dan berpikir itu hanya impian. Tenang! Anda juga bisa merombak dapur kecil Anda menjadi terlihat mahal, dan dengan cara yang murah!

Dikatakan oleh Hasan Alatas, Creative Director sekaligus Style Doctor KARE Indonesia, berikut adalah rahasianya:

1. Permak lemari

Furnitur ini dapat memberikan penampilan yang berbeda langsung pada pandangan pertama pada dapur Anda. Cobalah mengganti sejumlah rak dengan model yang lebih baru.

Anda juga bisa mengakalinya dengan mengganti pintu lemari usang dengan yang baru. Misalnya mengganti pintu kayu dengan kaca atau high-gloss. Kombinasikan dengan membuang pintu lemari usang sehingga menjadi model rak terbuka. Untuk kesan yang lebih bersih, apabila lemari dapur Anda terbuat dari bahan kayu alami, peliturlah ulang agar terlihat bersih mengilap.

2. Gunakan warna terang

Umumnya lemari dan dinding dapur biasanya berwarna gelap. Untuk memberikan kesan yang lebih bersih dan luas, gantilah dengan warna yang terang agar dapur terlihat 'mahal'. Tak hanya itu, fungsi warna terang  yang bersifat memantulkan cahaya dapat menyembunyikan goresan dan penyok di lemari lama Anda.

3. Ubah pencahayaan ruangan

Ganti lampu ruangan yang biasa dengan lampu gantung. Chandelier dan pendants adalah aksesori yang sempurna untuk dapur dan ruang makan. Tak hanya berfungsi sebagai tata cahaya, namun penempatan lampu gantung ini dapat mencerahkan suasana ruangan dapur Anda.

4. Tambahkan sentuhan karya seni

Artwork adalah cara yang bagus untuk memberikan kesan mewah pada setiap ruangan, termasuk dapur. Jangan takut untuk memasang lukisan atau meletakkan karya seni di dapur.

5. Dandani jendela

Apabila dapur Anda memiliki jendela, pasang tirai berwarna cerah untuk memberikan kesan segar. Untuk cara memilih tirai, lihat disini.

6. Letakkan aksesoris

Kebanyakan model dapur di Indonesia menyatu dengan ruang makan. Apabila dapur Anda termasuk jenis demikian, coba tambahkan aksesoris yang nyaman seperti bantal di kursi makan, atau pot bunga segar di sudut meja makan. Anda juga bisa membuat rak khusus buku resep masakan koleksi di sudut kecil di dapur.

7. Gunakan piranti makan dekoratif

Apabila Anda masih memiliki piranti makan yang sudah usang, coba ganti model baru dengan elemen dekoratif. Misalnya, mengganti mangkuk buah dengan model chinoiserie. Perubahan ini bisa membuat penampilan dapur terlihat berbeda.

8. Simpan peralatan dengan rapi

Dapur yang kacau juga bisa merusak penampilan ruangan. Tata peralatan dapur agar terlihat efisine dan efektif. Simpan semua peralatan yang berserakan dalam lemari tertutup, dan susun peralatan yang sering Anda gunakan secara rapi. Untuk memudahkan ketika mencari, pasang label stiker pada lemari untuk menandai dimana perlatana tersebut disimpan. Label yang kecil tidak akan merusak penampilan dapur Anda.

ipt>