Buku Resep Masakan Indonesia dalam Bahasa Spanyol

Buku Resep Masakan Indonesia dalam Bahasa Spanyol
Buku Resep Masakan Indonesia dalam Bahasa Spanyol
[caption id="attachment_207971" align="aligncenter" width="614" caption=""][/caption] Summer 2012, Madrid-Spanyol.

Disaat hampir 80 persen penduduk Madrid meninggalkan kota hangat ini, untuk berlibur memanfaatkan liburan sekolah yang sangat panjang, maka saat itulah personil KBRI Madrid di bawah koordinasi Pensosbud justru memanfaatkan waktu untuk menelorkan sebuah mahakarya yang bisa membantu melaksanakan salah satu benang merah diplomasi Indonesia di negara akreditasi Kerajaan Spanyol. Dibantu dan didukung sepenuhnya oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Madrid yang diketuai oleh Syahrina Ardhani Bawono, mulailah kami memilih resep-resep favorit masakan Indonesia.

[caption id="attachment_207973" align="alignleft" width="150" caption="lontong dan sate ayam"]

[/caption]

Ternyata pekerjaan memilih resep pun bukan pekerjaan yang sederhana, Pensosbud KBRI Madrid, dibantu DWP KBRI Madrid dan di bawah arahan Ibu Dubes Adyatwidi Adiwoso Asmadi terus memilih dan menentukan masakan Indonesia yang digemari masyarakat Spanyol dan yang bumbu-bumbunya bisa kami temukan disini dengan mudah. Selesai dengan pemilihan resep, mulailah Lolisa D Pitaloka Chandra dan Trilke Tulung Mewengkang beraksi menguji coba resep-resep pilihan tersebut.

Uji coba resep pun selesai, tibalah untuk sesi pemotretan. Semua masakan dan bumbu di jejer rapih dan dikelompokkan untuk menunggu giliran di foto. Sesi pemotretan cukup menyita tenaga dan waktu. Karena tidak satu pun diantara kami adalah fotografer profesional. Meskipun pada akhirnya tidak semua foto yang kami buat memenuhi syarat naik cetak, usaha tetap kami lakukan dengan maksimal. Sementara sesi pemotretan berjalan, proses terjemahan pun berjalan. Penterjemah kami Rafael Banko cukup panik dan mengalami beberapa kesulitan teknis saat harus mengejar deadline untuk penyelesaian terjemahan dari Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Spanyol.

[caption id="attachment_207972" align="aligncenter" width="150" caption="ikan sambal dabu-dabu"]

[/caption]

Tahap terakhir dalam proses penyelesaian redaksionil adalah Editing. Tidak kurang dari dua minggu Krisnawati Desi, Syahrina Ardhani Bawono dan Angela Widowati mengedit naskah resep yang totalnya terdiri dari 100 halaman tersebut, sehingga Bahasa Spanyol dalam buku resep tersebut bisa halus, praktis dan mudah dimengerti oleh orang Spanyol. Kami juga mendapat banyak bantuan dalam editing Bahasa Spanyol dari sahabat kami Patricia Portillo yang andil dalam editing Sambutan Ibu Mentri Mari Eka Pangestu dan Sambutan Ibu Dubes Adyatwidi Adiwoso Asmadi dan Tulia Guisado dalam editing resep-resep masakan.

[caption id="attachment_207974" align="alignright" width="150" caption="es cendol"]

[/caption]

Versi terakhir naskah buku masak kami akhirnya selesai pada 10 September 2012, secepat kilat penanggung jawab Bidang Pensosbud KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho, mengirim ke percetakan untuk dicetak sebanyak 500 eksemplar.

Akhirnya pada 25 September 2012 buku masak kami selesai cetak.

La Extica Cocina Indonesia: , akan didistribusikan kepada seluruh undangan yang hadir dalam Resepsi Diplomatik memperingati Kemerdekaan Indonesia, yang tahun ini di adakan pada 26 Sseptember di Hotel Intercontinental.

Semoga buku ini dapat bermanfaat dan kuliner Indonesia semakin dikenal di Spanyol.

ANGELA WIDOWATI NUGROHO

Madrid-Spanyol

25 September 2012

PRO ECCLESIA ET PATRIA!

ipt>