Hobi Memasak, Gabung Aja di 3 Komunitas Ini

Hobi Memasak, Gabung Aja di 3 Komunitas Ini
Hobi Memasak, Gabung Aja di 3 Komunitas Ini
Citizen6, Jakarta Memasak  selama ini hanya dianggap sebagai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan makan saja. Sebenarnya melalui kegiatan memasak, kita bisa mengkreasikan resep-resep biasa menjadi berbeda dan unik.  Tidak sebatas bereksperimen sendiri, melalui komunitas kita bisa belajar bersama dan menyajikan menu yang beragam di rumah. Berikut tiga komunitas memasak yang bisa menambah resep masakan kita:

1.    Natural Cooking Club

Komunitas ini berawal dari milis yang didirikan oleh pasangan suami istri Wisnu Ali Martono dan Fatmah Bahalwan pada 15 Januari 2005. Kegiatan rutin dari komunitas ini, salah satunya adalah kursus kuliner setiap hari di markas NCC.

Dengan dibantu 5 orang sahabat sebagai moderator milis, NCC melakukan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti HomeMade Food Fiesta yang diselenggarakan setiap tahun, online Culinary Weeks, hingga mencetak rekor MURI (lomba menghias cake dan cupcake).

Dalam kesehariannya, NCC merupakan kumpulan jaringan bakul kuliner istilah NCC untuk pengusaha kuliner rumahan yang telah mencetak pendapatan dari dapur rumah mereka sendiri. Misi dari NCC yaitu Menggerakkan ekonomi dari dapur sendiri

2.    Cookpad

Pada awal tahun 2014, Dapur Masak bergabung dengan Cookpad, situs resep terbesar di Jepang. Komunitas ini melalui websitenya menyediakan tempat yang nyaman untuk menuliskan resep langkah demi langkah dengan mudah dan rapi. Selain itu komunitas ini memudahkan kita untuk mendapatkan inspirasi masak dan melihat pengalaman memasak dari sobat Cookpad lainnya.

Cookpad memiliki misi untuk membuat kegiatan memasak yang seringkali dianggap sebagai kewajiban atau pekerjaan rumah tangga, menjadi sebuah kegiatan yang semakin menyenangkan.

3.    Mamaku Koki Handal

Bagi kalangan orang tua yang ingin menyajikan makanan berbeda untuk anaknya bisa bergabung dengan komunitas Mamaku Koki Handal. Komunitas ini dimulai dari sebuah milis yang dibuat oleh Dian Prima Zahrial sebagai sarana berdiskusi dan berbagi untuk orangtua yang anaknya mulai makan makanan padat sebagai pendamping ASI atau susu formula (sufor).

Lalu, berlanjut pada ide kontes masak-memasak sebagai cikal bakal weblog Mamaku Koki Handal.
Misi dari komunitas ini yaitu membuat orang tua sadar dan ingin belajar memasak sendiri makanan sehat dari bahan alami sebagai makanan sehari-hari untuk anak. Komunitas ini mengusung tagline Memasak makanan bayi lebih mudah dari memasak Rendang Padang. Semua Mama (dan Papa) pasti bisa jadi koki handal keluarga.

Penulis:

Nabila

ipt>